Wednesday, December 22, 2010

Relief Burung di candi

Di candi terdapat relief tentang burung berkepala dua. Relief itu bercerita tentang burung yang berkepala ganda itu sedang mencari makan. Kepala yang atas mencari makan, buah-buahan yang terletak di atas.

Sedangkan kepala bawah, yang lehernya tidak dapat menjangkau makanan yang berada diatas, hanya berkesempatan makan makanan yang diatas.

Suatu hari mereka kekurangan bahan makanan. Si kepala bawah meminta kepada kepala atas. “hai atas, tolong berikan aku buah yang ada di atas, yang bisa kau ambil. Karena buah-buahan yang ada di bawah tinggal buah-buahan yang beracun”.

Kepala atas tidak mau memberinya. Maka dengan terpaksa, kepala bawah memakan buah-buahan beracun yang ada di bawah kakinya. Sesudah itu matilah burung itu keracunan makanan. Tentu saja si kepala atas ikut mati, bukan?

Ilustrasi ini mengajarkan kita untuk bertolong-tolongan di antara sesama anggota tubuh. Jika salah satu anggota enggan memberikan pertolongan, dan membiarkan anggota yang lain menjadi mati, sesungguhnya semua anggota akan mati bersama-sama.
Ingatlah juga bahwa setiap orang kristen adalah menjadi anggota tubuh Kristus. Jadi, jelaslah bahwa orang kristen yang satu adalah menjadi anggota tubuh orang kristen yang lain.

“bertolong-tolonglah menanggung bebanmu. Demikianlah kamu memenuhi hukum kristus” Galatia 6:2

No comments:

Post a Comment