Monday, March 28, 2011

Kepingin Sukses Ujian?

Siapakan Peralatan Ujian
Biasanya setiap ujian membutuhkan peralatan berbeda-beda. Misalnya ujian gambar berbeda sama ujian tertulis biasa. Peralatan ujian yang umumnya dibawah adalah pensil, pulpen, kalkulator, penghapus, tip-ex, dan lain sebagainya.

Datang lebih awal
Dengan datang lebih awal (15 menit sebelum ujian di mulai), kamu bakalan punya waktu untuk mempersiapkan mental dan fisikmu. Ini bakal bantu kamu lebih berkonsentrasi selama menyerjakan ujian.

Tenang dan percaya diri
Biasakan berdoa lebih dulu. Dengan berdoa kamu akan lebih percaya diri dan siap mengerjakan ujian. Ingat yah jangan tegang. Sebab kondisi tegang saat ujian bisa merusak konsentrasi.

Baca perintah ujian dengan teliti.
Sebelum mulai mengerjakan, bacalah perintah soal ujian dengan baik dan jangan terburu-buru. Bisa saja jawaban yang kamu tulis salah bukan karena kamu tidak tahu jawabannya, tapi lantaran salah memahami peritah ujian.

Seleksi soal
Seleksi soal-soal yang yang kamu anggap gampang alias mudah. Hal ini akan membantu memboros waktu menjawab.

Metode menjawab
-untuk soal-soal pilihan ganda :
Langsung kamu cuekin jawaban yang kamu anggap salah. Jangan menebak-nebak jawaban yang kamu tidak tahu jawabannya secara pasti.
-untuk soal-soal esai :
Pikirkanlah jawabannya sebelum menulis. Buatlah kerangka jawaban singkat dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Usahakan menuilis secara to the point sehingga jawaban kamu tidak akan melenceng kemana-mana.

Baca ulang
Baca kembali jawaban kamu, sehingga kalau ada kekurangan kamu bisa segera memperbaikinya.

Jangan terburu-buru
Jangan terburu-buru dalam mengerjakan. Hal ini bias mengekibatkan jawaban ujian kamu tidak maksimal. Kalaupun sudah selesai mengerjakan, pergunakan sisa waktu buat memeriksa kembali jawaban kamu.

Tutup dengan doa
Sebagaimana kamu berdoa saat mulai ujian, berdoa juga sesudah menyelesaikan soal-sioal.

No comments:

Post a Comment