Saturday, May 28, 2011

6 cara agar anak giat membaca

Suka membaca merupakan jalan menuju puncak prestasi. Sayangnya, anak umumnya malas membaca. anak lebih suka bermain-main. Ini bisa dimengerti sebab dunia anak merupakan dunia bermain.

Tetapi paling tidak, terdapat 6 cara agar anak giat membaca: 

1. Sediakan berbagai bacaan baru.
Agar anak giat membaca, sediakan berbagai bacaan baru. Sebab buku baru merangsang keingintahuan anak akan isi buku itu. Pilihkanlah buku baru yang disertai gambar yang berwarna dan menarik.  

2. Perlu di temani,
Saat anak membaca, jangan dibiarkan sendiri, sebaliknya ditemani, sebab bila hanya membaca sendiri mungkin tidak akan terarah. Berikan waktu bersamanya sekitar 25 menit. Selebihnya, biarkan ia bereksplorasi sendiri agar tidak bosan. Sebab Bila anda terlalu lama menemani maka anak akan bosan.  

3. Beri penghargaan,
Ketika menemani anak membaca, beri penghargaan agar ia semangat lagi untuk membaca, biasanya ada kata-kata yang sulit untuk di mengerti oleh anak jadi kita membantu mengartikannya dan apabila anak sudah mengerti dapat kita berikan pujian ataupun hadiah.  

4. Jangan dimarahi,
Anak jangan di marahin ketika anak tidak suka membaca, sebab bila anda marah, anak merasa tertekan. Hal ini justru membuat anak alergi bahkan anak akan stress bila diperhadapkan dengan buku bacaan. Jika anak tidak berniat membaca, coba tukar dengan aktivitas lain. Kemudian, lain hari cobalah agar anak belajar menyukai membaca lagi.  

5. Ajak ke toko buku,
Sering-seringlah ajak anak ke toko buku, sekalipun sekedar jalan-jalan. Akan lebih baik bila membeli buku bacaan anak.disarankan agar memilih buku yang anak sukai, sehingga membuat anak antusias untuk membaca.

6. Membaca bersama teman,
Ada baiknya saat anak membaca beri dorongan agar anak berinteraksi dengan teman-temannya, dan membaca bersama-sama. Hal ini memberikan rasa seolah anak sedang bermain sehingga anak senang dan betah membaca.

    No comments:

    Post a Comment