Saturday, April 24, 2010

Jangan lari dari masalah


Masalah?? Hiiikh takut.. ngaku deh, saat kita diperhadapkan sama astu persoalan berat, pasti bawaannya takut dan kepingin menghindar saja. Tapi ternyata, lari dari masalah sama sekali enggak nyelesaiin masalah, malah justru bakal bikin kita kehilangan berkat.


1.       Masalah adalah sarana buat belajar
Nasehat bijak bilang selama kita hidup teruslah belajar. Yang namanya belajar bisa dari mana saja sumbernya and you know what, masalah ternyata adalah satu sumber dan sarana belajar manusia, lho. Maksudnya, lewat masalah yang bagi kita hadapi, kita pasti belajar tentang  sesuatu hal kalau kita berani menghadapinya. Kalau kita nggak belajar menghadapi masalah, bagaiman kita bisa tau dan mengerti nilai serta makna dari kehidupan ini.
2.       Masalah adalah proses pendewasaan
Masalah akan mendewasakan seseorang, baik itu bdalam cara berpikir ataupun bertindak. Dan Tuhan akan terus melatih kita lewat masalah demi  masalah yang terjadi, supaya kita terus bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan dan jadi dewasa Rohani (II Petrus 3:18). Proses ini nggak mungkin dan nggak boleh kita hindari. Karena menghindari masalah sama saja kita mnghindari pemrosesan yang Tuhan sedang kerjakan dalam kehidupan  kita. Ujung-ujungnya, ya, kita nggak bakal dewasa, dan trus saja jadi anak kecil.
3.       Masalah adalah proses tahan uji
Orang yang berani menghadapi masalah pasti akan jadi pribadi yang tahan uji. Jadi orang yang kuat dan tangguh. Itu sbabnya Tuhan sengaja membiarkan masalah datang menghampiri kita. Gimana bisa terbukti kita tahan uji kalau enggak pernah diperhadapkan sama masalah. Kalau kita sudah tahan uji, , kita akan memperoleh mahkota kehidupan, ini dicatan dalam Firman Tuhan (Yakobus 1:12). Kalau kita memahami hal ini  percaya deh, kita akan punya pandangan yang berbeda sama yang namanya masalah, masalah bukan lagi kita lihat sebagai  sesuatu yang menyebalkan atau penderitaan yang enggak layak kita tanggung tetapi justru berkat.
4.       Be the winner
Tuhan kepingin kita jadi orang –orang yang menang terhadap masalah yang kita hadapi. Bukannya berlaku seperti pngecut  yang lari dari setiap persoalan hidup. Ini jelas enggak nunjukin identitas anak-anak Allah. Firman Tuhan saja mencatat kalau kita ini adalah anak-anak Allah yang lebih dari seorang pemenang (Roma 8:37). Makanya jangan kuatir dan lari ketika masalah menghampiri . lagian dengan bersikap seperti itu, permasalahan enggak akan selesai  dan hidup kita enggak jadi lebih baik. Ingat, enggak ada orang yang  karena kekuatirannya bisa menambah sehasta saja jalan hidupnya.(matius 6:25), jadi hadapilah dengan berani sambil mengandalkan Tuhan. Tuhan sanggup menolong karena Dialah pemelihara hidup kita. Firman Tuhan Bilang Selama Mengandalkan Tuhan pasti kita bisa mengatasi setiap persoalan yang ada dan hidup dan hidup kita di berkati. (Yeremia 17:7)

Sumber :Renungan Rajawali.

No comments:

Post a Comment