Friday, October 16, 2009

Motivasi

Dalam kehidupan sehari hari kita sering mendengar kata motivasi. motivasi adalah sesuatu yang mendorong untuk melakukan suatu hal. bisa juga berarti kekuatan yang mendorong seseorang untuk bertindak supaya berhasil. motivasi yang muncul dari diri sendiri biasanya lebih bertahan dalam situasi apapun. tetapi ada juga anak termotivasi untuk belajar giat karena ancaman dari orang tua. ada juga karyawan yang bekerja keras karena kalau tidak mencapai target yang ditetapkan maka ia pasti dipecat. dorongan belajar giat dan kerja keras karena takut , untuk jangka waktu panjang tidak akan bertahan karena selalu bergantung kepada orang yang memotivasi dengan berbagai alasan atau ancaman.

Orang orang yang menjalani hidup ini merasa seakan-akan segala sesuatu yang dihasilkan tidak ada gunanya sama sekali, toh semua orang akan mati. baik mereka yang berbuat baik maupun mereka yang berbuat jahat. mungkin itulah kenyataan hidup bagi mereka yang belum mengenal Allah. tetapi bagi mereka yang berharap kepada Tuhan, masih ada harapan untuk masa depan. walaupun dalam kenyataan , yang baik tidak selalu berpihak kepada orang benar, bahkan sebalikny mereka yang berbuat jahat terlihat aman-aman saja. namun di atas semuanya itu ada bagian yang sangat penting untuk diingat dan dilakukan adalah jika diberi kesempatan untuk hidup, nikmati hidup dan pekerjaan, lakukanlah dengan sekuat tenaga seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia karena dari situlah manusia dapat manukmati kebahagiaan yang sesungguhnya.

Nikmati setiap tanggung jawab di rumah, sekolah dengan rasa percaya bahwa kita mampu melakukannya tanpa harus didorong. apalagi dengan ancaman dikurangi uang saku. mungkin untuk sementara kamu perlu motivasi atau dorongan orang tua dan teman dekat. tapi jangan jadikan hal itu sebagai andalan untuk mencapai prestasimu yang maksimal. biasakan diri untuk menggali potensi yang ada dirimu dengan memotivasi diri sendiri untuk menghasilkan yang terbaik. Lakukanlah dengan sekuat tenaga dan pikiran maka Tuhan akan melengkapi dengan kasih karuniaNya yang luar biasa.

Sumber: Renungan Remaja & Pemuda Hamada Desember 2008

No comments:

Post a Comment